Pages

Subscribe:

Labels

Kamis, 10 Mei 2012

Anti kompetisi dalam parkour

Para member dari komunitas Parkour berdiri tegas melawan ide kompetisi parkour yang terorganisir.
Alasan kami:
  • Kami tidak percaya akan adanya kelas elit.
    Kami tidak percaya akan adanya seleksi special di antara para traceur.
  • Kami tidak percaya bahwa parkour membutuhkan hirarki atau perbedaan level-level kemampuan setiap traceur.
  • Kami percaya bahwa untuk menjadi “yang terbaik atau terkenal” itu tidak ada artinya di Parkour, karena kemenangan atau kekalahan itu tidak berarti apa-apa di dalam filosofi parkour.
  • Kami tidak menerima elemen-elemen pendorong seperti demikian di dalam filosofi parkour.
Kami percaya motivasi untuk latihan [parkour] selalu harus datang dari dalam hati seorang.
Kita bekerja keras untuk menjadi lebih kuat untuk diri kita dan orang lain, bukan untuk berkompetisi melawan orang lain, melainkan berlatih bersama dan membantu orang lain.
Karena itu kami menolak dan tidak memperdulikan segala jenis persaingan di antara sesama traceur atau sesame manusia lain. Kami menghargai hormat mutual dan solidaritas untuk terus berkembang sebagai individu dan sebagai komunitas.
Kami percaya bahwa akan tidak sesuai dengan philoshopy parkour untuk berkompetisi dan memenangkan hal-hal yang bukan bagian dari nilai-nilai moral dalam parkour. Hal-hal seperti medali, hadiah-hadiah, ranking, piala, uang, popularitas, penghargaan, atau glory. Termasuk hal seperti cari-cari perhatian orang [hanya untuk menunjukkkan bahwa anda punya kehebatan].
Daripada itu, kami lebih mencari hasil dari apa yang kami lakukan. Hasil yang tak ternilai dan bermanfaat. Kami juga mencari manfaat-manfaat dari Parkour yang bisa kami bagikan.
Kami adalah pemberi bukan penerima [pengambil].
Kompetisi mendorong orang-orang yang belum siap untuk mengorbankan kesehatan mereka untuk kemenangan cepat atau untuk mendapatkan ranking yang tak berarti. Kompetisi mendorong yang elit [pro] untuk terus menerus dan berulang-ulang membahayakan kesehatan mereka yang berharga, hanya karena obsesi dan obligasi untuk menang, dan hal-hal lain yang akan mengancam mereka bila mereka kalah, seperti kehilangan uang, ranking, status, kesombongan [kebanggaan], dan kontrak-kontrak profesional sponsor serta deal-deal komersil.
Kompetisi hanya akan membawa traceur kepada latihan-latihan yang tidak seimbang hanya berfokus kepada gerakan-gerakan yang dibutuhkan untuk menang. Ini akan mendatangkan injuri-injuri kronis.
Walaupun wewenang olahraga resmi menyangkalnya, pengunaan obat-obatan [doping] seringkali terlibat di level-level kompetisi, entah apakah mereka disuap atau tidak. Kami percaya bahwa akibat-akibat dari kompetisi level tingi itu sangat tidak sesuai dengan filosofi parkour yang menekankan untuk berlatih tak berlebihan [moderation] dan kebutuhan untuk hidup sehat yang tahan lama [enduring].
Parkour itu rendah hati, sabar dan seni-disiplin [cara hidup] yang berlangsung untuk seumur hidup. Dan tubuh manusia membutuhkan conditioning [latihan/workout] terus menerus untuk memastikan kekuatan dan katahanan lamanya.
Moderation [tak berlebihan] adalah salah satu nilai atau moral dalam parkour yang penting. Sebuah kualitas yang tidak bisa diacuhkan untuk merawat tubuh dan supaya bisa endure [tahan lama]. Karena itu, kami menolak segala hal yang tak sesuai dengan moderasi, hal-hal yang merusak tubuh.
Parkour tidaklah dimiliki oleh korporasi-korporasi, sponsor-sponsor, media dan orang-orang yang hanya mau menonton dari rumah.
Kami percaya bahwa kami tidak akan menerima aktifitas-aktifitas dan rencana-rencana yang akan menyalahgunakan parkour, mengotori nama, merusak gambaran tentang parkour hanya untuk menarik perhatian masyarakat dan media kepada sesuatu yang BUKAN lagi parkour, dengan perlawanan dari majoritas komunitas ini terhadap intensi-intensi tersebut.
Dengan itu, kami menegaskan bahwa parkour itu adalah seni-disiplin NON-kompetisi yang dipunya oleh semua practitionernya, komunitas-komunitas lokal, teman-teman, dan semua manusia secara keseluruhan.
Kita percaya bahwa kita harus berdiri bersama melawan ambisi-ambisi yang tidak memantulkan philosophy parkour yang original, hal-hal yang tidak sopan ke philosophy parkour dan komunitas parkour.
Kompetisi bukanlah sesuatu yang tak bisa dihindari. Kompetisi hanyalah satu lagi rintangan! Support parkour original, jagalah kebebasan seni-disiplin yang kita punyai!
article ditulis oleh: Hebertiste [Erwan Le Corre] dan TK17 aka EnderWiggin [Duncan Germain]
Penerjemah : Emon (Edmund Solaiman)
Edit Bahasa : Bullseye (Fadli)



http://www.parkourindonesia.web.id/artikel/anti-kompetisi-dalam-parkour.html

0 komentar:

Posting Komentar