Pages

Subscribe:

Labels

Jumat, 11 Mei 2012

cara mengRegedit sistem oprasi

(1) Registry Editor

Registry editor adalah suatu program yang digunakan untuk mengamati dan mengubah pengaturan dalam sistem registry yang berisi informasi tentang bagaimana komputer bekerja. Windows menyimpan bentuk wujud informasinya di dalam suatu database pencatatan yang terorganisir dalam suatu format pohon.
Mengedit dan merubah registry dapat dilakukan dengan menggunakan registry editor seperti untuk menghapus atau menghilangkan program atau komponen yang sudah terinstal. Folder menampilkan kunci-kunci di dalam registry dan menunjukkan tempat pada sisi kiri jendela registry editor. Sedangkan di sisi sebelah kanan ditampilkan kunci yang dapat diubah. Jika diklik ganda akan terbuka tampilan dialog box.

(2) Kunci Registry Editor

Registry editor menunjukkan tampilan folder yang berisi kunci-kunci yang sudah didefinisikan atau sudah dikenal pada mesin lokal. Jika mengakses registry dari komputer remote hanya akan tertampil dua kunci yaitu HKEY_USERS dan HKEYS_LOCAL_MACHINE. Berikut ini tabel tentang folder atau kunci yang sudah dikenal dan fungsinya, serta tabel kunci-kunci tipe data :
Kunci-kunci Registry

-HKEY_CURRENT_USER :Berisi tentang informasi konfigurasi utama untuk pemakai yang sedang mengakses komputer. Folder pemakai, warna layar, dan pengaturan Control Panel tersimpan di sini. Informasi ini dikenal sebagai suatu profil pemakai.
-HKEY_USERS : Berisi tentang semua profil pengguna komputer.
-HKEY_CURRENT_USER : merupakan sub kunci dari HKEY_USERS.
-HKEY_LOCAL_MACHINE : Berisi sebagain informasi konfigurasi dari komputer untuk semua pemakai.
-HKEY_CLASSES_ROOT : Merupakan sub kunci dari HKEY_LOCAL_MACHINE \ Software. Informasi yang disimpan di sini untuk memastikan bahwa program yang dibuka adalah benar sesuai dengan file yang dibuka menggunakan Windows Explorer
-HKEY_CURRENT_CONFIG : Berisi informasi tentang profil hardware yang digunakan oleh mesin lokal saat system dimulai.

Kunci-kunci Tipe Data

-REG_BINARY : Data biner mentah. Kebanyakan informasi komponen perangkat keras tersimpan dalam format biner dan dalam Registry Editor ditampilkan dalam format hexadecimal.

-REG_DWORD : Data yang diwakili oleh suatu nomor yang panjangnya adalah 4 bytes. Banyak parameter untuk pengarah alat dan pelayanan menggunakan jenis ini dan ditampilkan dalam Registry Editor dalam format biner, hexadecimal, atau sistim desimal.

-EG_EXPAND_SZ : Suatu panjang data variabel string. Data jenis ini termasuk variabel yang dipecahkan ketika suatu program menggunakan data.
-REG_MULTI_SZ : Multiple string. Nilai yang berisi daftar atau berbagai nilai dalam suatu format dimana orang dapat membaca umumnya menggunakan jenis ini. Data ini dipisahkan oleh spasi, tanda koma, atau tanda lain.
-REG_SZ : Data dengan panjang text tetap.
-REG_FULL_RESOURCE_DESCRIPTOR : Satu rangkaian larik atau larik tersarang yang dirancang untuk menyimpan daftar sumber daya untuk perangkat keras komponen.

(3) Implemetasi Pengubahan menggunakan Regedit
Untuk mengubah konfigurasi yaitu mematikan perintah untuk mengakses dan mengubah wallpaper dalam suatu desktop dapat dilakukan dengan cara :
-Buat backup data dengan menyimpan register yang sama dengan register yang akan kita ubah. Pastikan semua sudah ter-backup dengan benar dan aman. Hal ini untuk menghindari kesalahan yang fatal dalam melakukan pengubahan konfigurasi.
-Buka Registry editor dengan cara : klik Start, klik Run, ketikkan
regedit kemudian klik OK. Akan muncul:
Buat DWORD baru dan set nilainya dijadikan 1 untuk mengaktifkan atau 0 untuk mematikan perintah.
· Perintah ini dapat dituliskan baik dalam HKEY_CURRENT_ USER maupun HKEY_LOCAL_MACHINE.
· Tulis perintah NoChangingWallpaper dalam DWORD baru pada folder
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\CurrentVersio
n\Policies\ActiveDesktop.
· Restart sistem untuk melihat pengubahannya

(4) Mengecek pengubahan Konfigurasi sistem operasi
Dari uraian pada kegiatan pemelajaran 2, jika kita lakukan tes untuk mengecek hasil pengubahan yang telah dilakukan dapat kita peroleh hasil sebagai berikut :
a) Pengubahan dengan menggunakan wizard
Semua sistem operasi yang berbasis GUI (Graphic User Interface) akan memberikan layanan yang lebih mudah dan menarik pada pengguna untuk mengakses perintah-perintah yang ada. Semua pengubahan yang dilakukan dapat dilihat pada wizard preview.
b) Pengubahan dengan registry editor
Pengubahan konfigurasi software dengan teks biasanya menggunakan registry editor yang sudah disiapkan oleh sistem. Registry ini menyimpan semua informasi baik tentang hardware, software maupun penggunanya. Kita dapat mengubahnya melalui text editor.
Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengubahan adalah memastikan bahwa data-data yang diperlukan terutama yang akan dilakukan pengubahan sudah di-backup terlebih dahulu dan disimpan dalam folder yang aman. Hal ini perlu diperhatikan karena jika terjadi kesalahan dalam melakukan pengubahan dapat dikembalikan dengan mudah sebelum menempuh jalan terakhir yaitu menginstal ulang. Berikut ini akan dilakukan pengubahan ekstensi file beresiko.
File yang dimaksud adalah file executable yang sering ada pada attachement email. Karena seringkali konfigurasi yang ada adalah menyembunyikan ekstensi file yang telah dikenal, sehingga file yang berbahaya sering tak terlihat berbahaya. Misalnya file bernama picture.jpg.exe hanya akan terlihat sebagai picture.jpg. Hanya saja kalau memperlihatkan
ekstensi file sepanjang waktu, akan terlihat kurang baik. Tindakan ini membuat nama file sulit dibaca, dan memperbesar kemungkinan pengubahan ekstensi file secara tak disengaja ketika ada proses penamaan ulang.
Penyelesaian masalah ini dapat dilakukan dengan menggunakan Registry Editor, sehingga dengan beberapa langkah tertentu, hanya ekstensi file executable saja yang nampak. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
· Backup Registry sebagai persiapan andai terjadi suatu masalah.
· Pilih start, pilih run, ketik regedit, tekan enter.
· Klik dua kali HKEY_CLASSES_ROOT untuk memperluas daftar folder.
· Dalam key HKEY_CLASSES_ROOT, cari key bernama exefile.
Dengan exefile tersorot di panel kiri, klik kanan di panel kanan, dan pilih new, pilih string value.
· Ketik AlwaysShowExt dan tekan enter. Sekarang panel kanan akan mempunyai ikon bernama AlwaysShowExt.
· Keluar dari Registry Editor.
· Restart Windows untuk melihat pengaruhnya
Setelah proses ini, meskipun pada Folder Option telah diatur agar ekstensi file yang telah dikenal disembunyikan  ekstensi exe tetap terlihat

(5) Melaporkan hasil pengubahan sistem operasi
Dari semua kegiatan yang telah dilakukan terutama hal-hal yang berhubungan dengan pengubahan dalam suatu perangkat komputer baik secara hardware maupun software akan lebih baik untuk dicatat dan didokumentasikan. Hal ini sangat diperlukan dalam proses maintenance dan repair, sehingga bila terjadi suatu masalah akan lebih cepat untuk dapat ditangani dan dilakukan perbaikan

0 komentar:

Posting Komentar